Heyy guyys pada perjumpaan kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa Saja Sistem-Sistem Pada Motor Atau Mesin,
Bagi kalian yang ingin mengetahui Apa Saja Sistem-Sistem Pada Motor atau Mesin, silahkan simak dan pahami postingan kali ini dengan baik.!
☆Sistem-Sistem Pada Motor
Motor atau mesin tidak dapat berfungsi hanya dengan kelengkapan-kelengkapan saja. Di perlukan dukungan kelengkapan lain untuk dapat mempertahankan kerja motor atau mesin dan layak beroperasi
=》Sistem Starter
Motor listrik di gunakan untuk memutar awal motor atau mesin melalui roda penerus dan poros engkol. Sistem starter terdiri dari motor atau mesin listrik dan penggerak. Penggerak mempunyai mempunyai roda gigi kecil yang akan berhubungan dengan roda gigi penerus pada saat di putar. Energi listrik di peroleh dare batere. Kelengkapan lain adalah kelengkapan pengendali seperti kunci kontak dan lain-lain
=》Sistem Bahan Bakar
Ada 4 jenis sistem bahan bakar yang di gunakan pada bidang otomotif
a). Sistem karburator untuk motor bensin
b). Sistem injeksi bahan bakar untuk motor bensin
c). Sistem yang menggunakan bahan bakar gas cair (LPG-Liquid Petroleum Vichicles)
d). Sistem injeksi bahan bakar untuk motor diesel
Seluruh sistem di atas tidak sama, namun secara umum semuanya mempunyai kesamaan yaitu memiliki tangki bahan bakar dan cara mensuplai bahan bakar, yaitu mencampur bahan bakar dan udara dengan campuran yang tepat sehingga dapat terbakar di dalam ruang bakar.
=》Sistem Pengapian
Motor bensin dan motor dengan bahan bakar gas mempunyai sistem pengapian. Sistem ini di perlukan untuk membentuk percikan bunga api yang akan membakar bahan bakar di ruang bakar. Oleh sebab itu motor bensin disebut juga motor dengan penyalaan busi (spark Ignition Engine). Hal ini yang membedakan motor bensin dengan motor diesel. Motor diesel tdk memerlukan penyalaan busi melain kan penyalaan dengan kompresi (Compression engine). Pembakaran pada motor diesel terjadi pada saat bahan bakar di semprotkan ke silinder. Tempratur udara yang di kompresikan di dalam silinder menjadi tinggi, cukup panas untuk membakar bahan bakar yang di semprotkan injektor.
=》Sistem Pendingin
Motor atau mesin sewaktu beroprasi menghasilkan panas yang cukup tinggi, akibat pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Sebagian panas yang di hasilkan digunakan sebagai daya penggerak (Out-Put Motor), sebagian didistribusikan ke komponen-komponen motor cukup tinggi hingga dapat merusak motor atau mesin, oleh sebab itu panas yang diterima komponen harus dikurangi, sistem pendin berfungsi mengurangi panas yang diterima motor atau mesin, namun dalam kerjanya sistem pendingin tidak hanya menyerap panas motor atau mesin, tetapi juga menjaga suhu motor agar tetap stabil pada tingkat yang ditentukan.
Pada sistem pendingin yang menggunakan media air, pendingin dilakukan dengan mensirkulasikan udara melalui sirip-sirip pendingin.
=》Sistem Pelumasan
Sistem pelumasan motor atau mesin terdiri dari pompa oli, pipa-pipa, saringan oli serta saluran-saluran didalam motor atau mesin. Oli dari panci minyak disalurkan melalui saluran-saluran ke seluruh komponen-komponen motor atau mesin yang dialirkan dengan menggunakan pompa. Pelumasan ini tidak hanya mengurangi gesekan tetapi juga mencegah keausan dan mengurangi panas komponen.
=》Sistem Pemasukan Udara
Sistem pemasukan udara berfungsi untuk menyediakan udara bersih dan menyalurkannya ke dalam silinder motor. Pada motor bensin yang disuplai adalah campuran udara dan bahan bakar, sedang pada motor diesel hanya udara bersih.
=》Sistem Pembuangan Gas Bekas
Sistem pembuangan gas bekas berfungsi untuk menyalurkan gas bekas (hasil pembakaran) keluar silinder motor dan sekaligus mengurangi kebisingan. Sistem ini terdiri dari saluran buang, pipa buang dan peredam. Pada motor yang menggunakan bahan bakar yang tidak mengandung timah dilengkapi dengan katalik konverter (Catalytic Converter)
=》Sistem Pengisian
Alternator digerakan oleh motor. Altnator mengubah tenaga tenaga mekanik menjadi listrik. Batre mensuplai kebutuhan listrik untuk motor starter dan sistem pengapian pada saat "Start" tetapi setelah engine hidup, alternator akan mensuplai seluruh kebutuhan listrik kendaran serta mengisi kembali atau mengganti arus batere yang terpakai pada saat start.
Bagaimana guys penjelasnnya, kalian pasti mengerti bukan ? Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kalian.
Komentar spam dilarang
EmoticonEmoticon