Assallamuallaikum.wr.wb.
Berikut ini saya akan menjelaskan tentang Membuat Class untuk Operasi Layar pada Modus Teks .
Untuk kalin yang ingin mengetahui atau sekedar baca-baca untuk menambah ilmu pengetahuan yuk mari kita simak. !
Untuk kalian yang sudah memahami cara menggunakan fungsi int86 atau teknik inline assembly untuk melakukan operasi pada layar monitor, maka kita dapat membuat sebuah class tersendiri untuk melakukan operasi pada layar monitor. Class yang akan kita buat akan mengenkapsulasi fungsi-fungsi setMode, getMode, writeChar, writeString, setCursorPos, getCursorPos dan getCharAttr. Namun, agar class yang dibuat dalam proses eksekusi program (runtime) bekerja lebih optimal maka semua fungsi anggota (method) yang pada pembahasan sebelumnya dibuat menggunakan fungsi standar int86, kali ini akan ditulis ulang menggunakan teknik inline assembly.
Dalam pembuatan class dapat dilakukan tanpa membuat project terlebih dahulu, jadi cukup dilakukan dengan memilih menu File kemudian pilih submenu New lalu pilih Text Edit dari IDE Borland C++ 5.02. Class yang akan dibuat bernama Screen dan simpan kode program berikut ini dengan nama screen.cpp.
/*
screen.cpp
Class library
untuk operasi layar monitor.
Hak Cipta Pebi
Yudha K.
April 2009
Disusun sebagai
contoh program
Modul Praktikum
Promrograman C++ Lanjutan
AMIK BSI -
Jakarta
*/
#define UCHAR
unsigned char
#define VIDEO_INT
0x10
class Screen
{
private:
UCHAR mode,
row, col;
UCHAR rownum,
colnum;
UCHAR
active_page, visual_page;
UCHAR
attribute;
public:
Screen(void);
Screen(UCHAR
mode);
~Screen(void);
void
setMode(UCHAR mode);
UCHAR
getMode(void);
void
setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x);
void
getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x);
void
writeChar(UCHAR letter);
void
writeString(UCHAR *str);
void
setAttribute(UCHAR attr);
UCHAR
getCharAttr(UCHAR *attr);
void
setActivePage(UCHAR page);
UCHAR
getActivePage(void);
void
setVisualPage(UCHAR page);
UCHAR
getVisualPage(void);
void
cls(void);
};
Screen::Screen(void)
{
UCHAR mode;
this->row =
0;
this->col =
0;
this->mode =
mode = 0x03;
this->rownum
= 25;
this->colnum
= 80;
this->active_page = 0;
this->visual_page = 0;
this->attribute = 7;
asm mov ah,
0x00;
asm mov al,
mode;
asm or al,
0x80;
asm int
VIDEO_INT;
return;
}
Screen::Screen(UCHAR
mode)
{
this->setMode(mode);
return;
}
Screen::~Screen(void)
{
return;
}
void
Screen::setMode(UCHAR mode)
{
this->mode =
mode;
this->active_page = 0;
this->visual_page = 0;
this->rownum
= 25;
switch (mode)
{
case 0x00 :
case 0x01 :
this->colnum = 40;
break;
case 0x02 :
case 0x03 :
case 0x07 :
this->colnum = 80;
break
;
default :
this->colnum = 0;
break;
}
asm mov ah,
0x00;
asm mov al,
mode;
asm or al,
0x80;
asm int
VIDEO_INT;
return;
}
UCHAR
Screen::getMode(void)
{
return
this->mode;
}
void
Screen::setCursorPos(UCHAR y, UCHAR x)
{
UCHAR page =
this->active_page;
if ((y >
this->rownum) || (x > this->colnum))
y = x = 0;
this->row =
y;
this->col =
x;
asm mov ah,
0x02;
asm mov bh,
page;
asm mov dh, y;
asm mov dl, x;
asm int
VIDEO_INT;
return;
}
void
Screen::getCursorPos(UCHAR *y, UCHAR *x)
{
*y =
this->row;
*x =
this->col;
return;
}
void
Screen::writeChar(UCHAR letter)
{
UCHAR page =
this->active_page;
UCHAR attr =
this->attribute;
asm mov ah,
0x09;
asm mov al,
letter;
asm mov bh,
page;
asm mov bl,
attr;
asm mov ch,
0x00;
asm mov cl,
0x01;
asm int
VIDEO_INT;
return;
}
void
Screen::writeString(UCHAR *str)
{
for (; *str !=
'\0'; str++)
{
if
(this->col > this->colnum)
{
this->row++;
this->col
= 0;
}
this->setCursorPos(this->row, ++this->col);
this->writeChar(*str);
}
return;
}
void
Screen::setAttribute(UCHAR attr)
{
this->attribute = attr;
return;
}
UCHAR
Screen::getCharAttr(UCHAR *attr)
{
UCHAR page =
this->active_page;
UCHAR letter,
attribute;
asm mov ah,
0x08;
asm mov bh,
page;
asm int
VIDEO_INT;
asm mov
attribute, ah;
asm mov letter,
al;
this->attribute = *attr = attribute;
return letter;
}
void
Screen::setActivePage(UCHAR page)
{
this->active_page = page;
return;
}
UCHAR
Screen::getActivePage(void)
{
return
this->active_page;
}
void
Screen::setVisualPage(UCHAR page)
{
if (page >
7) page = 0;
this->visual_page = page;
asm mov ah,
0x05;
asm mov al,
page;
asm int
VIDEO_INT;
return;
}
UCHAR
Screen::getVisualPage(void)
{
return
this->visual_page;
}
void
Screen::cls(void)
{
UCHAR mode =
this->mode;
this->row =
0;
this->col =
0;
asm mov ah,
0x00;
asm mov al,
mode;
asm int
VIDEO_INT;
return;
}
|
Kode program screen.cpp diatas bukanlah suatu program untuk dikompilasi dan dijalankan, namun sebuah pustaka class (class library) yang fungsinya hampir sama dengan penggunaan file header (.h). Pada kode program screen.cpp terdapat beberapa fungsi anggota dari class Screen yang sebelumnya tidak dibahas, yaitu setAttribute, setActivePage, getActivePage, setVisualPage, getVisualPage dan cls.
Fungsi anggota setAttribute digunakan untuk menentukan warna huruf dan warna latar (background color). Fungsi ini mengirimkan parameter bertipe unsigned character yang menunjukan warna huruf dan latar yang akan ditampilkan. Sedangkan untuk menentukan halaman halaman aktif digunakan fungsi setActivePage. Apa maksudnya halaman aktif? Halaman aktif adalah halaman memori video dimana proses operasi pada layar dilakukan, seperti memindahkan posisi kursor, menampilkan karakter, membersihkan layar dan sebagainya. Pada mode layar teks 80 baris 25 kolom terdapat delapan halaman memori video (halaman layar), yaitu halaman 0 sampai dengan halaman 7. Fungsi setActivePage digunakan untuk memilih nomor halaman tersebut dengan cara mengirimkan angka 0, 1, 2 sampai dengan 7 sebagai parameter. Umumnya pada saat pertama kali dijalankan program akan menggunakan halaman layar pertama (halaman 0) sebagai halaman visual (halaman dimana output program ditampilkan). Untuk mengetahui nomor halaman aktif digunakan fungsi anggota getActivePage yang mengembalikan nomor halaman aktif yang sedang digunakan.
Selain fungsi setActivePage dan getActivePage untuk menangani nomor halaman layar, class Screen juga memiliki fungsi anggota untuk mengatur halaman visual. Apa maksudnya halaman visual? Halaman visual adalah nomor halaman dimana output program ditampilkan dan dapat terlihat oleh pengguna. Lalu apakah perbedaan antara halaman aktif dengan halaman visual? Suatu program dapat saja menyembunyikan proses penampilan output dengan cara menuliskan karakter-karakter pada halaman layar pertama (halaman 0) tetapi halaman visual yang ditampilkan adalah halaman kedua (halaman 1). Karakter-karakter yang dituliskan pada halaman 0 tersebut tidak akan benar-benar muncul dilayar monitor sampai pengguna memrogram untuk memilih halaman 0 sebagai halaman visual. Jika tidak, maka halaman 1 tetap akan ditampilkan walaupun halaman 1 kosong. Untuk memilih halaman visual digunakan fungsi setVisualPage dan untuk mengetahui nomor halaman yang sedang dijadikan halaman visual digunakan fungsi getVisualPage.
Kegunaan fungsi anggota cls sendiri dapat diketahui dari namanya, yaitu untuk membersihkan tampilan layar (clear screen) dan memposisikan kursor pada baris 0 kolom 0 (baris pertama kolom pertama). Project di bawah ini berikut ini adalah demonstrasi penggunaan pustaka screen.cpp. Maksud dari programnya adalah untuk memberikan contoh penggunaan fungsi anggota setActivePage dan setVisualPage yang merupakan fungsi anggota dari objek Screen. Agar project di bawah ini berjalan maka salinlah file screen.cpp dalam direktori yang sama tempat Anda menyimpan project.
#include <dos.h>
#include <stdlib.h>
#include "screen.cpp" // Header screen.cpp
int main(void)
{
UCHAR i, j;
Screen *layar = new Screen();
layar->setAttribute(0x1f);
layar->setActivePage(1);
layar->writeString("AHMAD ZAKARIA");
layar->setAttribute(0x07);
layar->setActivePage(1);
layar->writeString("13161257");
for (i = 1; i < 11; i++)
{
j = i % 2;
layar->setVisualPage(j);
delay(3000);
}
delete layar;
return EXIT_SUCCESS;
}
|
Berikut ini contoh foto codingan sepert yang di atas :
Dan ini contoh foto hasil runingan contoh codingan di atas ;
Sekian tutotial dari saya mengenai bagaimana cara Membuat Class untuk Operasi Layar pada Modus Teks. Jika program di atas tidak mau running, coba anda periksa lagi codingan yang anda ketikan sebelumnya karena program Borland C++ ini sangat sensitive, jika salah sedikit dan tidak akan mau running. Jadi, harus teliti ya teman-teman dalam mengetikan program di Borland C++
Komentar spam dilarang
EmoticonEmoticon