Thursday, October 13, 2016

Apa Karburator Itu ?

Oke guys kali ini saya kan membahas tentang Apa Karburtor Itu ? Buat kalian yang penasaran yuk mari kita simak.

Karburator.

pengertian karburator


     Karburator berfungsi untuk merubah fisik bhan bakar cair menjadi uap dalam perbandingan yang tepat sehingga uap bahan bakar tersebut mudah/siap dibakar. Dalam pelaksanaannya, tidak semudah itu. Untuk dapat menghasilkan campuran yang tepat pada setiap kondisi beban dibuthkan beberapa saluran, misalkan pada saat start, putaran idle, putarqn menengah, putaran tinggi, dan lain-lain. Baigian-bagian karburator secara umum adalah sebagai berikut:
1. Prinsip kerja.
     pada prinsipnya karburator bekerja berdasarkan pada kecepatan aliran udara dan perbedaan tekanan. Semakin cepat aliran udar maka akan semakin rendah tekanannya, khususnya pada suatu saluran/pipa. Untuk menciptakan perbedaan kecepatan udara pda saluran, karburator menggunakan venturi (penyempitan saluran). Setelah udara mengalir dengan kecepatan tertentu, maka udara mampu "menarik" bahan bakar sehiggs terbawa bersama udara masuk, sebgai out-putnya dihasilkan uap bahan bakar. Aliran udara dihasilkan akibat grak turun piston pada saat langkah isap dimana katup hisap terbuka dan ktup buang tertuup. Gerakan turun piton mengakibatkan tekanan rendah (kervakuman) di dalam sillinder, perbedaaan tekanan udara luar, dan tekanan di dalam silinder akan mengakibatkan terjadinya aliran udara.
2. Sistem Pelampung.
     Pelampung bersama-sama dengan katup jarum dan dudukannya menjaga permukaan/jumlah bahan bakar di ruang bahan bakar. Ruag bahan bakar adalah tempat penampuangan bahan bakar di dalam karburator. Permukaan/jumlah bahan bakar di ruang bahan bakar harus sesuai agar dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar pada saat putaran tinggi dan tiak masuk  ke saluran masuk pada saat putaran rendah (banjir).
3. Sisitem start dingin.
     Untuk menghidupkan motor yang masih dingin diperlukan bahan bakar yang lebih banyak dari biaasanya. Untuk memperbanyak jumlah bahan bakar digunakan katup cuk (choke valve). Bila katup cuk ditutup (menutup saluran masuk), kevacuman tinggi terjadi pada saluran di bawah katup cuk, akibatnya akan lebih banyak bahan bakar yang ditarik dari ruang pelampuang sehingga campuran menjadi kaya. Penambahan bahan bakar diperlukan untuk menghidupkan motor yang dingin disebabkan tempratur kompresi pada campuran normal belum menandai untuk pembakaran bahan bakar, di sisi lain, akibat dinginnya saluran masuk, sehingga bahan bakar menempel pada saluran masuk (tidak masuk kedalam silinder).
4. Sisitem idle.
     Suplai bahan bakar pada saat motor dalam keadaan putaran rendah (idle speed) diperoleh dai saluran idle. Bahan bakar yang diberikan hanya cukup untuk mempertahankan agar mtor tetep hidup. Pada kondisi itu, katup thorttle dalam keadaan tertutup.
5. Sistem utama.
     Sisitem utama menyuplai campuran bahan bakar dan udara ke dalam motor pada semua tingkaatan putaran/beban di atas putraran rendah. Sistem utama mulai bekerja pada saat katup throttle mulai membuka.
6. Sisitem percepatan.
     sisitem percepatan memberikan tambahan bahan bakar pada saat katup throttle dibuka lebih lebar. Hal ini akan mencegah motor mati pada saat terjadi penambahaan putaran/tenaga. MOtor dapat mati sebab katup throttle dibuka leibh lebar, tinggkat kevacuman menjadi rendah, akibatnya bahan bakar yang dihisap menjadi lebih sedikit, pada kondisi beban maksimum motor dapat mati

oke guys itu saja yang saya dapat sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.
akhir kata, Wassallamualaikum.Wr.Wb.

Komentar spam dilarang
EmoticonEmoticon